Detail Penggunaan Android Device Manager

Detail Penggunaan Android Device Manager

Detail Penggunaan Android Device Manager | Kuze Android – Tidak satupun diantara kita yang ingin kehilangan atau kecolongan Smartphone kesayangan, akan tetapi hal ini dapat terjadi kapan saja, pada siapa saja dan dimana saja.

Google selaku Produsen Android juga telah mendukung sistem keamanan tersebut dengan merilis Android Device Manager. Dengan menggunakan tool ini, sobat dapat melacak, mengunci dan menghapus data yang ada di perangkat sobat dari jarak jauh.

Nah pada kesempatan kali ini, Kuze Android akan membahas secara Detail Penggunaan Android Device Manager melalui ulasan berikut :

Detail Penggunaan Android Device Manager

Apa itu Android Device Manager?

Android Device Manager | Kuze Android

Android Device Manager merupakan suatu perangkat lunak besutan Google, memungkinkan sobat dapat melacak Smartphone Android yang hilang, menghapus data dari jarak jauh, dan bahkan dapat mengunci Smartphone tersebut agar tidak dapat digunakan oleh pencuri.

Cara menyalakan Android Device Manager

Keamanan Google Settings | Kuze Android

Secara default, Android Device Manager pada Smartphone Android sebenarnya sudah aktif. Namun untuk pilihan lebih lanjut, sobat dapat mengaksesnya melalui “ Google Settings “ yang ada dimenu utama, kemudian pilih “ Security “ dan pastikan “ Remote locate this device “ serta “ Allow remote lock and erase “ sudah aktif.

Dengan menyalakan “ Remote locate this device “ berarti mengizinkan google untuk melacak keberadaan Perangkat Android. Sementara “ Allow remote lock and erase “, yang artinya mengizinkan Google untuk mengunci dan menghapus data di dalam perangkat Android secara jarak jauh.

Manfaatkan kunci layar

Manfaatkan kunci layar | Kuze Android

Keamanan terbesar dalam Smartphone Android adalah dengan menggunakan kunci layar baik itu password, PIN, Pola, atau Fingerprint. Tentunya pencuri tidak dapat berbuat banyak, satu-satunya cara adalah dengan menggunakan factory reset.

Untuk Smartphone bersistem operasi Android 5.0 Lollipop atau yang lebih baru, sudah dilengkapi dengan fitur Factory Reset Protection. Jadi ketika pencuri melakukan factory reset melalui menu recovery, smartphone tidak dapat digunakan sebelum memverifikasi ulang kepemilikan dengan Akun Google yang sebelumnya digunakan pada smartphone tersebut.

Pastikan GPS dan Akses Lokasi Aktif

Aktifkan GPS dan Lokasi | Kuze Android

Pastikan GPS sobat selalu aktif, untuk mengaktifkannya bias melalui Quick settings atau menu pengaturan.

Persyaratan yang dibutuhkan

Android Device Manager dapat berjalan maksimal, apabila Smartphone Android sobat memenuhi persyaratan berikut ini :

  • Perangkat aktif dan sudah login dengan akun Google.
  • Perangkat Android harus terhubung ke Internet.
  • GPS dan Izin Akses Lokasi Aktif.
  • Mengizinkan Android Device Manager untuk mencari perangkat (secara default sudah aktif).
  • Mengizinkan Android Device Manager untuk mengunci perangkat dan menghapus data (secara default sudah aktif).

Cara melacak Smartphone Android dengan Android Device Manager

Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang dengan Android Device Manager | Kuze Android

Untuk melacak Smartphone Android yang hilang, dapat melalui browser baik di Komputer, Laptop, PC, dan Smartphone Android melalui Android Device Manager Apps. Untuk opsi browser dapat mengunjungi http://www.google.com/android/devicemanager. Selanjutnya masuk dengan akun Google yang sama dengan akun google pada Android tersebut.

Website Android Device Manager akan melacak keberadaan lokasi Android, lengkap dengan map dan nama dari lokasi tersebut, serta info kapan terakhir perangkat digunakan.

Fitur Android Device Manager

Fitur Android Device Manager | Kuze Android

  • Ring, dengan fitur ini sobat dapat menderingkan smartphone Android selama 5 menit walaupun Smartphone tersebut dalam keadaan silent.
  • Lock, dengan fitur ini, sobat dapat mengunci Smartphone Android yang hilang dengan password.
  • Erase, dengan menggunakan fitur ini sobat akan menghapus semua data pada Smartphone Android yang hilang, termasuk foto, video, pengaturan, dan Aplikasi.
Perlu ditekankan, Android Device Manager tidak seutuhnya dapat mengembalikan smartphone yang hilang atau dicuri akan kembali kepada sobat. Namun ini lebih ditujukan untuk keamanan data yang ada pada Android sobat.
Load comments