Tips memilih MiroSD Android yang tepat

Tips memilih MiroSD Android yang tepat

Tips memilih MiroSD Android yang tepat | Kuze Android – Saat ini, beragam pilihan smartphone yang sudah tersedia di pasaran. Sobat hanya perlu memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan, pilihan tersebut bisa berdasar pada chip, layar, ram, dan memori internal.

Kebanyakan memori internal smartphone android zaman sekarang berukuran 16 GB, kapasitas tersebut terbilang kecil. Makanya, sobat membutuhkan MicroSD. Lalu pertanyaannya, bagaimana cara memilih MicroSD smartphone android yang tepat bagi sobat? Simak ulasan berikut.

Cara memilih MicroSD smartphone android yang tepat

Tips memilih MiroSD Android yang tepat | Kuze Android

Ketahui Spesifikasi MicroSD

Ketahui Spesifikasi MicroSD | Kuze Android

Jika sobat belum tahu, sebenarnya ada 3 tipe yang harus sobat ketahui sebelum membeli MicroSD. Apa itu?

# SDSC atau SD (Secure Digital Standard Capacity)

Tipe yang satu ini merupakan sebuah MicroSD yang memiliki ukuran kapasitas yang kecil. MicroSD ini memanfaatkan sistem file FAT16. SDSC merupakan tipe MicroSD termurah yang ada di pasaran.

# SDHC (Secure Digital High Capacity)

Memori tipe seperti ini merupakan sebuah MicroSD yang memiliki kapasitas dari 4GB hingga 32GB dan memanfaatkan sistem file FAT32. Karena memiliki format yang berbeda, MicroSD ini tidak akan cocok dengan perangkat yang hanya support format SD.

# SDXC (Secure Digital Extended Capacity)

MicroSD tipe terakhir ini merupakan memori yang memiliki kapasitas dari 64GB hingga 2TB dan menggunakan format file exFAT. Tentu saja MicroSD ini tidak akan cocok jika digunakan ke perangkat yang hanya support SD dan SDHC.

Merk MicroSD

Merk MicroSD | Kuze Android

Ketika sobat ingin membeli sebuah memori MicroSD, sobat juga harus mempertimbangkan sebuah brand. Sebab, reputasi sebuah merk itu sangat penting.

Kalau sobat ingin membeli MicroSD yang memiliki garansi dan akses untuk memulihkan data, sobat bisa memilih brand seperti sandisk, samsung dan transcend.

Kapasitas MicroSD

Kapasitas MicroSD | Kuze Android

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada 3 tipe kartu memori di dunia ini. Nah, tinggal bagaimana cara sobat memilihnya dengan kebutuhan dan dukungan perangkat.

Saat ini, kapasitas MicroSD sudah mencapai 2TB. Tapi ingat, jangan asal beli! Karena belum tentu smartphone android sobat support memori segede itu.

Tingkat kecepatan MicroSD

Tingkat kecepatan MicroSD | Kuze Android

Untuk kartu memori, ada beberapa kelas yang mesti sobat ketahui sebelum membelinya. Klasifikasi kelas untuk kartu memori itu sendiri menandakan seberapa cepat mereka dapat membaca dan menerima data.

  • Class 2, merupakan kelas terbawah dan tidak direkomendasikan buat sobat.
  • Class 4, kelas ini sudah cukup baik untuk digunakan namun apabila sobat memiliki budget yang cukup alangkah baiknya untuk memilih kelas lebih tinggi.
  • Class 6, kelas ini direkomendasikan buat sobat. Sebab, harganya terjangkau dan memiliki performa yang cukup baik.
  • Class 10, merupakan kelas terbaik yang bisa sobat gunakan untuk smartphone android. Sobat pun dapat merekam video dengan kualitas Full HD 1080p tanpa patah – patah.

Nah itulah penjelasan tentang cara memilih kartu memori MicroSD smartphone android yang tepat untuk sobat.

Load comments