Tips Sebelum Membeli Smartphone Android

Tips Sebelum Membeli Smartphone Android

Tips Sebelum Membeli HP Android | Kuze Android - Perkembangan Smartphone dimasa yang akan datang akan semakin bersaing dan semakin rame, oleh karena itu kita sebagai user harus pintar dan cermat dalam membeli Smartphone Android terbaik yang akan kita gunakan.

Dibawah ini Kuze Android telah menyiapkan ulasan untuk mendapatkan Smartphone Android terbaik.

Tip sebelum membeli Smartphone Android | Kuze Android

Tip sebelum membeli HP Android

Prosesor atau CPU

Prosesor atau CPU | Kuze Android

Prosesor atau CPU merupakan salah satu komponen yang utama baik di PC, Laptop, maupun pada smartphone karena dapat dikatakan prosesor adalah otak dari seluruh aktivitas sebuah perangkat elektronik.

Perhatikan jumlah Core dan Kecepatan yang dimilikinya, semakin tinggi semakin baik”

Dalam memilih prosesor terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti Jumlah Core dan Kecepatan yang dimiliki oleh prosesor tersebut. Kedua hal ini tidak dapat dipisahkan dalam menunjukkkan kemampuan prosesor.

“Prosesor dengan Core yang lebih banyak bisa dikalahkan oleh prosesor dengan inti yang lebih sedikit, jika prosesor tersebut mempunyai kecepatan yang lebih besar”

Jumlah Core terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu Single Core memiliki 1 Inti, Dual-Core memiliki 2 Inti, Quad-Core memiliki 4 Inti, Hexa Core memiliki 6 Inti, Octa-Core memiliki 8 Inti, dan Deca Core memiliki 10 Inti. Menurut pendapat publik “Semakin banyak inti Core, semakin bagus pula performa yang dimiliki-nya” pendapat tersebut memang benar adanya di dalam beberapa kasus, namun harus pula disandingkan dengan kecepatan prosesor tersebut.

Selain memperhatikan jumlah core, nilai dari frekuensi CPU juga dapat menentukan performa dari prosesor itu sendiri. Frekuensi CPU ditandai dengan MHz atau GHz, nilai 1 GHz = 1.000 MHz.

Kesimpulan :
Selain core dan nilai frekuensi CPU, kemampuan komputasi dari sebuah CPU juga ditentukan oleh Data Bus. Data Bus adalah 32 Bit dan 64 Bit. Kemampuan komputasi 64 Bit lebih tinggi dari 32 Bit sehingga membuat performa CPU 64 Bit lebih cepat dari CPU 32 Bit.

GPU atau VGA

GPU atau VGA | Kuze Android

GPU atau VGA berfungsi untuk mengatur grafis pada smartphone sobat, secara umum berisi informasi berapa jumlah resolusi yang ditampilkan pada smartphone.

Jika sobat Kuzer merupakan seorang gamer sejati atau orang yang menginginkan tampilan grafis terbaik pastikan smartphone tersebut memiliki GPU.

Selain berfungsi mengatur grafis untuk bermain game, GPU juga berfungsi mengelolah gambar, video, dan tampilan pada ponsel sobat. Sama halnya dengan CPU, GPU juga memiliki jenis kemampuan yang berbeda-beda.

Kemampuan dari sebuah GPU ditentukan oleh Direct X, GFLOPS (Floating Point), Nilai frekuensi MHz, Open CL, Open GL ES, dan lainnya.

RAM

Selain Prosesor dan VGA, Kapasitas RAM juga salah satu yang wajib sobat Kuzer pertimbangkan, karena setiap aplikasi yang kita gunakan baik itu BBM, Facebook, Instagram, dan sebagainya akan ditempatkan di dalam RAM sobat.

RAM di ibaratkan dengan sebuah mobil, dimana jika mobil tersebut kecil tentu kapasitas penumpangnya akan sedikit, begitu pula sebaliknya.

“Pilihlah RAM dengan kapasitas minimal 2 GB”

Memori Internal

Memori internal juga menjadi pertimbangan dalam memilih smartphone android, hampir setengah dari memori internal sobat Kuzer tidak dapat digunakan, karena termakan oleh sistem operasi android itu sendiri.

“Rekomendasi Kuze Android, pilihlah memori Internal minimal 8 GB atau lebih”

Memori Eksternal

Selain memilih memori internal yang berkapasitas lebih besar, sobat Kuzer harus pula mempertimbangkan adanya slot memori eksternal dimana apabila memori internal sobat sudah terisi penuh bisa di pindahkan ke memori eksternal tersebut.

“Pilihlah smartphone yang menyediakan slot memori eksternal yang dapat diekspansi minimal 8 GB”

Baterai

Baterai | Kuze Android

Baterai merupakan salah satu faktor yang paling penting, karena faktor inilah yang paling menunjang smartphone sobat Kuzer dapat bertahan berapa lama. Oleh karena itu pilihlah baterai dengan kapasitas yang tinggi.

“Pilihlah baterai dengan kapasitas 3000 mAh”

Layar

Disektor layar, Kuze Android menyarankan dengan ukuran 5 inci, karena ukuran tersebut sudah sangat pas dan nyaman berada ditangan. Ukuran ponsel yang lebih besar akan membuat sobat Kuzer kesulitan dan kurang nyaman dalam genggaman sobat.

Selain itu pilihlah smartphone yang layarnya sudah diproteksi dengan lapisan pelindung seperti Corning Gorilla Glass 3 sehingga dapat terindar dari baret atau goresan pada layar smartphone sobat.

Sistem Operasi

Sistem Operasi Android | Kuze Android

Jika memiliki budget yang cukup, belilah smartphone dengan Sistem Operasi Android 6.0 Marshmallow karena Sistem Operasi Android tersebut memiliki tampilan yang cantik, Smooth, dan memiliki berbagai fitur unggulan.

“Pilihlah Android minimal bersistem Operasi Android Lollipop”

Konektivitas Jaringan

Konektivitas Jaringan | Kuze Android

Fitur ini merupakan yang paling penting, karena memudahkan sobat Kuzer untuk berselancar di dunia maya. Oleh karena itu pilihlah smartphone yang memiliki fitur konektivitas jaringan 4G LTE tercepat saat ini.

Selain itu jangan lupakan konektivitas seperti Wi-Fi, karena fitur ini dapat dimanfaatkan disaat sobat Kuzer tidak memiliki paket untuk berselancar di dunia maya asal berada di dalam cakupan zona Wi-Fi.

Fitur Smartphone Android

Fitur Smartphone Android | Kuze Android

Selain konektivitas jaringan, tips membeli Smartphone Baru yang satu ini juga tidak kalah penting. Sobat harus mencari tahu fitur – fitur yang tertanam dalam perangkat tersebut, apakah fitur tersebut sudah yang paling baru atau belum.

Adapun fitur baru yang disematkan pada smartphone saat ini adalah fitur fingerprint, fitur multitasking, fast charging, dan fitur-fitur lainnya. Jangan tergiur dengan smartphone baru dengan harga murah jika sobat ingin mendapatkan fitur yang maksimal.

Itulah beberapa Tip sebelum membeli smarthone android, beberapa tip tambahan diluar fisik dari smartphone yang sobat Kuzer cari adalah sesuaikan dengan budget yang sobat miliki, janganlah terlalu terpatok pada suatu merk dan sesuaikanlah dengan kebutuhan sobat.

Terima kasih sudah membaca artikel dengan judul Tips Sebelum Membeli HP Android.

Load comments