Tips Meningkatkan Responsive Android melalui Fitur Developer Options

Tips Meningkatkan Responsive Android melalui Fitur Developer Options

Tips Meningkatkan Responsive Android melalui Fitur Developer Options | Kuze Android – Memiliki smartphone yang responsive merupakan dambaan bagi semua User Android. Pada kesempatan kali ini, Kuze Android akan berbagi bagaimana cara membuat smartphone sobat Kuzer lebih Responsive tanpa aplikasi dari pihak ketiga.

Tips kali ini hanya menggunakan Opsi Pengembang atau Developer Options, yang terletak pada bagian setelan HP Android sobat Kuzer.

Tips membuat HP Android lebih Responsive | Kuze Android

Apa itu Developer Options?

Developer Option atau Opsi Pengembang adalah fitur tersembunyi yang terdapat pada setiap menu setelan Android. Mengapa disembunyikan? Karena pada dasarnya Developer Option ini hanya ditujukan bagi para Developer (pengembang) atau bagi Pengguna yang ingin mendapatkan User Experience lebih dari smartphone yang sudah dipinangnya.

Langkah membuat HP Android Responsive lewat Developer Options

Pertama, masuk ke menu developer options. Dengan cara : Masuk ke Menu Setelan -> Opsi Pengembang (Developer Options).

Developer Options | Kuze Android

Apabila tidak menemukan Developer Options pada ponsel sobat, jangan berkecil hati dulu. Itu artinya Developer Options-nya masih nonaktif, dan perlu diaktifkan pada Menu Setelan -> About -> Software Information -> Klik 7x pada Nomor Bentukan, hingga muncul notifikasi “Sekarang anda adalah seorang Pengembang”.

Cara Aktifkan Developer Options | Kuze Android

Untuk para User Vivo agak sedikit berbeda, cara mengaktifkan Developer Option pada Menu Setelan (Settings) -> Pengaturan lainnya (More Settings) -> Tentang Ponsel (About Phone) -> Klik 7x pada Versi Perangkat Lunak (Software Version) atau cara yang lebih simple dengan menekan tombol “*#*#7777#*#*”.

Cara Aktifkan Developer Options | Kuze Android

Untuk contoh screenshoot diatas, Admin Kuze Android sebelumnya sudah mengaktifkan opsi pengembang makanya tertera “Tidak perlu, anda sudah menjadi developer” kalau belum diaktifkan sama sekali maka tulisannya akan “Sekarang anda adalah seorang Pengembang”.

Kedua, pada tab Gambar (Drawing) ubahlah Skala Animasi Jendela (Window Animation Scale), Skala Animasi Transisi (Transition Animation Scale), dan Skala Durasi Animator (Animator Duration Scale) menjadi 0.5x atau .5x.

Drawing pada Developer Options | Kuze Android

Ketiga, scroll hingga menemukan tab Render yang dipercepat Perangkat Keras (Hardware Acclerated Rendering. Kemudian ceklis pada bagian Paksa Perenderan GPU (Force GPU Rendering), Force 4x MSAA dan Nonaktifkan Lapisan HW (Disable HW Overplay)

Hardware Acclerated Rendering pada Developer Options | Kuze Android

Keempat, Scroll pada tab Apl (Apps). Ceklis Jangan Simpan Kegiatan (Don’t Keep Activities) dan Tampilkan Semua ANR (Show All ANRs), lalu Ubahlah Batas Proses Latar Belakang (Background Process Limit) menjadi maksimal 3 proses atau At most 3 process.

Apps pada Developer Options | Kuze Android

Kelima, silahkan restart HP Android sobat dan rasakan sensasinya.

Nah, itulah tips membuat smartphone sobat jauh lebih responsive dari sebelumnya. BTW untuk gambar postingan Tips Meningkatkan Responsive Android melalui Fitur Developer Options sudah diupdate, kemudian bagi Kuzer yang sempat menanyakan “aman gak tutorial ini?” melalui e-mail Admin Kuze Android, maka dari itu kami menjawab “Insya Allah aman” dan Terima kasih telah membaca artikel dengan judul Tips Meningkatkan Responsive Android melalui Fitur Developer Options.

Load comments