Tips menghemat Baterai HP Asus Zenfone Series

Tips menghemat Baterai HP Asus Zenfone Series

Tips menghemat Baterai HP Asus Zenfone Series | Kuze Android – Hallo sobat Kuzer! Pada kesempatan kali ini, Kuze Android akan membagikan hasil riset tentang bagaimana cara menghemat atau mengoptimalkan baterai Zenfone Series tanpa root dan aplikasi dari pihak ketiga.

Tips menghemat Baterai HP Asus Zenfone Series

Tips menghemat Baterai Asus Zenfone Series | Kuze Android

Berikut beberapa tips menghemat beterai Zenfone Series menurut Kuze Android :

Aktifkan Fitur Bluelight Filter

Aktifkan Bluelight Filter | Kuze Android

Dikutip dari Detik Health, seorang peneliti Complutense University, Madrid, Spanyol melaporkan bahwa paparan cahaya LED pada layar smartphone dapat menyebabkan kerusakan permanen pada retina mata manusia.

Oleh karena itu kami sarankan untuk mengaktifkan Bluelight Filter. Selain mengurangi konsumsi daya baterai, fitur ini juga berguna untuk menjaga mata sobat tetap sehat.

Cara menggunakan fitur ini : Masuk ke Menu Setelan -> Tampilan -> Mode Warna Layar -> Bluelight Filter -> Hanya Teks.

Atur Screen TimeOut

Atur Screen TimeOut | Kuze Android

Layar smartphone merupakan faktor terboros dalam penggunaan daya baterai, maka dari itu persingkatlah waktu timeout dengan mengatur ke waktu yang paling cepat seperti 15 detik

Caranya : Masuk ke Menu Setelan -> Tampilan -> Tidur.

Atur Tingkat Kecerahan Layar

Atur Tingkat Kecerahan Layar | Kuze Android

Untuk mengurangi konsumsi daya baterai HP Asus Zenfone, sobat dapat mengatur agar cahaya pada layar tidak terlalu terang namun cukup nyaman untuk dilihat mata.

Caranya : Masuk ke Menu Setelan -> Tampilan -> Tingkat Kecerahan.

Mengatur Wallpaper dengan warna gelap

Mengatur Wallpaper dengan warna gelap | Kuze Android

Caranya : Pilih setelan -> Tampilan -> Wallpaper -> Home dan Lock Screen.

Dengan mengatur wallpaper dengan warna gelap tentu akan mengurangi kerja layar ponsel sobat. Jika sobat menggunakan wallpaper dengan warna yang banyak, otomatis layar akan bekerja sangat keras dan tentunya akan mengurangi daya tahan baterai tersebut.

Buat Home Screen Simpel tanpa banyak Widget

Buat Home Screen Simpel tanpa banyak Widget | Kuze Android

Semakin banyak widget pada home screen sobat maka semakin cepat pula daya baterai yang terkuras, jadi singkirkan widget yang tidak diperlukan agar HP Asus Zenfone Sobat lebih efisien.

Selanjutnya, hindari penggunaan Live Wallpaper, karena wallpaper berbentuk animasi ini menyedot daya baterai dengan cepat.

Gunakan Fitur Power Saver

Gunakan Fitur Power Saver | Kuze Android

Power saver merupakan fitur yang paling ampuh dalam menghemat penggunaan daya baterai, karena cara kerjanya mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Cara menggunakan fitur ini : Masuk ke Menu Setelan -> Power Management -> Power Saver -> Hemat Daya.

Jaga smartphone agar tetap dingin

Penggunaan smartphone dalam keadaan panas ternyata lebih boros ketimbang dalam keadaan dingin, oleh karena itu jauhkan smartphone sobat dari sinar matahari langsung dan simpan di dalam tempat yang sejuk.

Nonaktifkan Aplikasi

Nonaktifkan Aplikasi | Kuze Android

Seperti yang kita ketahui, ponsel besutan Asus ini dipenuhi dengan bloatware. Baik yang memakan memori dan ada juga yang memakan daya baterai oleh karena itu Nonaktifkan aplikasi seperti Bantuan ZenUI, Easy Mode, Cuaca, Do It Later, dan lain-lain.

Uncheck Tampilkan Pemberitahuan Aplikasi | Kuze Android

Selain itu, uncheck tampilkan pemberitahuan Aplikasi yang kurang diperlukan seperti gambar diatas.

Nonaktifkan Fitur Detect Battery-draining apps

Nonaktifkan Fitur Detect Battery-draining apps | Kuze Android

Sebenarnya fitur ini dapat dikatakan bagus, karena dapat memonitor aplikasi yang boros baterai secara realtime. Namun dengan kemampuannya yang secara realtime memonitor aplikasi tersebut membuat HP Asus Zenfone sobat menjadi boros baterai.

Cara mematikannya : Masuk ke Menu Setelan -> Baterai -> Tap Tiga Garis Vertikal dikanan atas -> Uncheck Detect Battery-draining apps.

Nonaktifkan Fitur Inspire Asus

Nonaktifkan Fitur Inspire Asus | Kuze Android

Inspire Asus pada Zenfone Series merupakan fitur yang diberikan Vendor Asus terkait produk yang digunakan oleh pengguna. Nah, masalahnya fitur ini juga membutuhkan akses koneksi internet ke server Asus yang dapat membuat baterai HP Asus Zenfone sobat menjadi boros.

Untuk menonaktifkan fitur ini : Masuk ke Menu Setelan -> About -> Informasi Hukum -> Uncheck Inspire Asus.

Nonaktifkan Konektivitas serta Fitur Auto-sync

Nonaktifkan Konektivitas | Kuze Android

Dengan menonaktifkan konektivitas Wi-Fi, Bluetooth dan Location disaat tidak digunakan, tentu dapat mengirit konsumsi daya baterai pada HP Asus Zenfone sobat. Oleh karena itu, gunakan fitur konektivitas tersebut disaat dibutuhkan.

Nonaktifkan Auto-Sync | Kuze Android

Dan untuk fitur Auto-sync sebaiknya dimatikan saja, karena hanya menguras daya baterai HP Asus Zenfone sobat.

Nonaktifkan Backup otomatis ke server google | Kuze Android

Sama halnya dengan auto-sync, fitur mencadangkan dan memulihkan pada android juga kurang berguna dan boros baterai dikarenakan fitur ini akan mencadangkan data aplikasi, sandi Wi-Fi dan lainnya ke server google dengan koneksi internet.

Nonaktifkan Fitur Quick Access

Nonaktifkan Fitur Quick Access | Kuze Android

Quick Access merupakan fitur cepat meliputi akses kamera, panggilan, dan pesan hanya dalam tampilan lock screen namun menurut Kuze Android fitur ini tidak terlalu berguna.

Dan cara mematikannya : Masuk ke Menu Setelan -> Lock screen -> Quick Access -> Matikan.

Nonaktifkan Mode Getar

Nonaktifkan Mode Getar | Kuze Android

Meski fungsi getaran pada HP Android mempermudah kita disaat ada panggilan masuk maupun notifikasi lainnya, ternyata mode getar banyak mengkonsumsi daya baterai ketimbang mode ringtone.

Untuk menonaktifkannya : Masuk ke Menu Setelan -> Suara dan Pemberitahuan -> Suara Lainnya.

Nonaktifkan Rotasi Automatis

Nonaktifkan Rotasi Automatis | Kuze Android

Tutup aplikasi jika sudah tidak digunakan

Tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan | Kuze Android

Banyak para pengguna smartphone android yang gagal faham dalam menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan, misalnya hanya menekan homescreen. Cara tersebut tidaklah benar, karena aplikasi masih terbuka meskipun sedang tidak digunakan.

Hal ini tentu saja membuat daya baterai sobat terbuang secara cuma-cuma. Cara menutup aplikasi yang benar adalah dengan menekan tombol recent, dan swipe aplikasi yang sudah tidak sobat gunakan.

Nah, itulah tips dalam menghemat baterai Asus Zenfone Series. Kembali Kuze Android ingatkan, daya tahan baterai sebenarnya tergantung dari penggunaan aplikasi sobat Kuzer oleh karena itu jadilah pengguna yang smart.

Sebenarnya tutor ini, bukan hanya dikhususkan buat ponsel Asus Zenfone Series. Namun tutor ini dapat digunakan diponsel android lainnya, hanya saja disesuaikan dengan fitur diandroid sobat Kuzer masing-masing.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara menghemat Baterai HP Asus Zenfone Series.

Load comments