18 Fitur Unggulan Android Nougat

18 Fitur Unggulan Android Nougat

18 Fitur Unggulan Android Nougat | Kuze Android - Halo sobat Kuzer! Konferensi tahunan Google I/O akan berlangsung pada tanggal 18 - 20 Mei, memang sangat dinantikan oleh para pecinta teknologi diseluruh dunia.

Di event tahunan Google memang selalu membuat kejutan, beberapa layanan baru pun telah diperkenalkan seperti Allo dan Duo, Google Assistant, Google Home dan Android N. Berikut Fitur Android N yang dikutip dari Phone Arena.

18 Fitur Unggulan Android N

Android Nougat | Kuze Android

Dukungan Unicode 9 dan Emoji Baru

Unicode 9 | Kuze Android

Kejutan pertama di Google I/O 2016 untuk Android N adalah dukungan Unicode 9, membuat emoji manusia menjadi lebih realistis dengan pilihan warna kulit. Selain itu, ada sekitar 70 emoji baru yang menjadi bawaan Android N secara default.

Google Assistant

Google Assistant | Kuze Android

Fitur Android N selanjutnya adalah Google Assistant, fitur yang mirip dengan Google Now. Google mengklaim Asisten besutannya itu sekarang lebih pintar. Fitur barunya adalah adanya ruang untuk Chatting, di mana sobat dapat mengajukan pertanyaan yang komplek dan mendapat jawaban non-mekanis yang spesifik.

Tombol "Clear All" di Multitasking

Clear All Multitasking | Kuze Android

Fitur ini terkait antarmuka, di mana sobat dapat menghapus aplikasi di latar belakang dengan sekali sentuhan. Fitur ini sebenarnya bukan hal baru, sejumlah produsen android sudah memberikan fitur "Clear All" di setiap smartphone besutannya.

Instant Apps

Instant Apps | Kuze Android

Inilah salah satu upaya Google merangkul developer aplikasi untuk lebih dekat ke pengguna Android, di mana sobat dapat menginstall aplikasi lebih cepat. Ketika sobat mengklik download langsung di arahkan ke Google Play Store.

Namun bukannya langsung ke aplikasi tersebut, justru muncul beberapa aplikasi yang mirip. Dengan adanya Instan Apps ini akan memangkas langkah-langkah rumit, sehingga bisa cepat mendownload aplikasi yang dituju.

Update Seamless

Update Seamless | Kuze Android

Pengguna Smartphone Android tentunya sering mendapat update firmware secara rutin. Namun proses update tersebut cukup ribet dan memakan waktu, di mana sobat diharuskan mendownload update, meng-install, restart, kemudian menunggu dan menunggu.

Dalam upaya meningkatkan pengalaman pengguna, Google membekali Android N dengan fitur Update Seamlessly. Nantinya proses update firmware itu tidak terasa. File update akan diunduh secara otomatis dan tidak terlihat. Nah ketika sobat melakukan reboot, perangkat akan otomatis melakukan upgrade.

Antarmuka VR Baru untuk Android N

UI VR Baru Android N | Kuze Android

Google ternyata tidak main-main dalam mengembangkan teknologi Virtual Reality. Di Google I/O 2016, raksasa teknologi memperkenalkan Platform Virtual Reality Android N yang disebut Daydream.

Perangkat VR merupakan perangkat mandiri yang sudah mencakup hardware dan juga software VR. Nantinya sobat bisa mengakses Modus VR di Android N, Google membuat antarmuka-nya khusus sehingga kamu dapat melakukan navigasi dalam dunia virtual reality.

Modus Multi-window

Multi-window Mode | Kuze Android

Di Android N, pengalaman akan multitasking lebih seru dengan adanya multi-window. Caranya dengan buka recent app, pilih aplikasi dan sentuh dalam waktu yang cukup lama, kemudian seret. Maka aplikasi yang sobat sentuh akan terbuka pada separuh layar atau masuk ke modus multi-window. Sobat juga dapat melakukan drag and drop info dari jendela satu ke jendela lain yang aktif.

Pada Android N dua aplikasi dalam modus multi-window ini letaknya bersebelahan atau atas bawah, tergantung dengan orientasi layar yang sobat gunakan. Sobat juga dapat menggeser garis pembatas untuk membuat layar lebih lebar atau kecil. Pada perangkat yang lebih besar seperti tablet, terdapat modus multitasking dengan tampilan yang lebih unik. Di mana sobat dapat dengan bebas mengubah ukuran setiap aplikasi yang dijalankan.

Pengelompokan Aplikasi

Pengelompokan Aplikasi | Kuze Android

Di Android N sendiri, notifikasi yang masuk tidak tampil secara kronologi melainkan berdasarkan pengelompokan aplikasi, misalnya notifikasi untuk aplikasi email. Notifikasi yang dikelompokan berdasarkan aplikasi dapat di preview dengan melakukan swipe dua jari atau dengan menyentuh tombol expansion.

Direct Reply

Direct Reply | Kuze Android

Selain notifikasi yang masuk lebih tertata rapi, di Android N dapat memungkinkan sobat untuk membalas notifikasi pesan masuk secara langsung pada bar notifikasi. Sobat juga dapat melakukan preview terhadap keseluruhan isi pesan hanya dengan menggunakan dua jari atau menggulir tesk yang ada, kemudian tekan Quick Reply untuk membalas.

Berpindah aplikasi dengan tombol overview

Tombol Overview | Kuze Android

Fitur Android N lainnya adalah memungkinkan sobat beralih antar aplikasi aktif tanpa harus menyentuh layar sama sekali. Caranya dengan mengetuk tombol overview sebanyak dua kali.

Pilihan Quick Setting lebih banyak

Quick-settings | Kuze Android

Sobat dapat menampilkan pilihan Quick-settings yang lebih sedikit atau lebih banyak. Adanya penambahan pilihan baru seperti Auto-rotate, clock, baterai dan shortcut baru lainnya dan terdapat pilihan edit serta re-arrange.

Modus Malam

Modus Malam | Kuze Android

Sebenarnya ini bukanlah fitur baru, karna sudah tersedia pada Android 6.0 Marshmallow. Namun pada Android N fitur ini sudah terintegrasi dengan sistem. Modus malam akan merubah tampilan smartphone sobat menjadi gelap sehingga mata tidak menerima cahaya secara berlebihan oleh layar yang berwarna putih.

Data Saver

Data Saver | Kuze Android

Data saver juga ikut diperbarui, fitur ini mampu membantu sobat menghemat kuota internet. Sistem akan memblokir penggunaan data pada aplikasi dilatar belakang agar menggunakan data seminimal mungkin. Contohnya membatasi kecepatan bit-rate pada streaming video atau musik.

File Manager Bawaan yang lebih baik

File Manager | Kuze Android

Google turut meningkat kemampuan file manager, yang dapat diakses melalui menu storage -> explorer. Nah pada Android N, file manager bawaan menawarkan lebih banyak fitur seperti copy paste dan navigasi yang lebih mudah.

Kalibrasi layar

Calibrate Display | Kuze Android

Pada Android N, Google mengizinkan sobat untuk mengatur kalibrasi layar. Google memberikan pengaturan RGB manual, yaitu red, green, dan blue.

Penggunaan daya yang lebih efisien

Penggunaan daya | Kuze Android

Jika Android Marshmallow memiliki Doze mode untuk menghemat penggunaan baterai, nah pada Android N, Google terus berupaya mengurangi kebutuhan memori dan membuat pekerjaan latar belakang android lebih efisien dengan Project Svelte.

Peningkatan Kompatibilitas Java 8 Language

Kompatibilitas Java 8 Language | Kuze Android

Dengan Android's Jack Compiler, sobat dapat menggunakan berbagai macam fitur populer dukungan Java 8 Language, termasuk Lambdas dan sebagainya.

Screen Zoom

Screen Zoom | Kuze Android

Nah fitur unggulan android terakhir adalah Screen Zoom, di mana fitur tersebut memungkinkan sobat dapat mengatur ukuran layar dan memperbesar atau menyusutkan semua elemen di layar.

Itulah beberapa fitur unggulan pada Android N yang nantinya bisa saja bertambah pada versi finalnya. Nah menurut sobat, fitur manakah yang lebih berkesan? Tulis pendapat sobat melalui kolom di bawah ya.

Load comments