6 Tips memaksimalkan Memori Internal Android yang kecil

6 Tips memaksimalkan Memori Internal Android yang kecil

6 Tips memaksimalkan Memori Internal Anroid yang kecil – Kuze Android | Saat ini, sudah beragam pilihan Android yang tersedia di pasaran. Jadi, sobat hanya perlu memilih mana yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Ketika sobat hendak membeli smartphone android, yang terlintas dibenak sobat adalah harga. Ya, karena banyak yang bilang bahwa harga menentukan kualitas. Namun itu semua tidak demikian sob, banyak smartphone android murah yang memiliki kualitas terbaik.

Selain dari segi harga, tentunya sobat mempertimbangkan spesifikasi, kamera dan juga memori internal yang dimilikinya. Sekarang, smartphone sudah menyediakan memori internal hingga 128GB. Namun tidak sedikit juga, beberapa vendor masih menyajikan memori internal hanya 8GB. Nah, bagi sobat yang memiliki budget sedikit, tentunya akan membeli smartphone dengan memori internal 8GB. Terus dengan kapasitas sekecil itu, apa yang harus sobat lakukan? Tenang, Kuze Android akan memberikan beberapa tips bagaimana memaksimalkan memori internal yang kecil di android sobat.

Tips memaksimalkan Memori Internal Anroid yang kecil | Kuze Android

6 Tips memaksimalkan memori internal yang kecil di Android

Untuk memaksimalkan memori internal yang kecil di Android sobat, sebenarnya tidaklah sulit. Sobat hanya perlu sedikit lebih peka terhadap smartphone yang sobat miliki. Jangan semuanya dipaksakan hingga akhirnya smartphone sobat nge-lag dan crash. Baik! Simak saja ulasannya dibawah ini.

Hindari Install Aplikasi dan Game yang berat

Hindari Install Aplikasi dan Game yang berat | Kuze Android

Google Play Store memang banyak menyediakan berbagai aplikasi dan games yang bisa sobat install kapanpun dan dimanapun (selagi sobat memiliki paket internet, hehehe), namun sekali lagi Kuze Android katakan bahwa sobat dituntut lebih peka disini.

Berhubung memori internal sobat kecil, hindari meng-install aplikasi dan game yang berat. Kenapa? Agar smartphone sobat tidak gampang nge-lag dan crash saat mengoperasikan aplikasi atau games tersebut.

Kecilkan Resolusi Foto pada Kamera Smartphone Android

Kecilkan Resolusi Foto pada Kamera Smartphone Android | Kuze Android

Hal yang biasa luput dari para pengguna smartphone android adalah jarangnya memeriksa resolusi foto pada galeri smartphone android sobat. Setiap megapiksel yang digunakan, tentu saja itu mempengaruhi ukuran gambar yang dihasilkan nantinya.

Semakin besar resolusi yang sobat gunakan, maka semakin tinggi juga ukuran gambar yang didapatkan. Maka dari itu kecilkan saja resolusi kamera sobat. Untuk ukuran sebuah foto yang berkualitas, 3MP saja sudah cukup memadai.

Turunkan resolusi pengambilan video

Turunkan resolusi pengambilan video | Kuze Android

Sama dengan poin kedua, tips selanjutnya adalah sobat wajib menurunkan resolusi pengambilan video di kamera smartphone android. Menggunakan resolusi 640 x 480 piksel juga cukup mumpuni untuk ukuran smartphone dengan layar 5 atau 6 inci.

Kurangi menyimpan musik di Smartphone Android

Kurangi menyimpan musik di Smartphone Android | Kuze Android

Tips berikutnya adalah sobat gak perlu, dan tidak dianjurkan untuk menyimpan file berupa musik terlalu banyak di memori internal. Kenapa? Ya, karena satu file musik memiliki ukuran yang berbeda-beda dan itu cukup untuk memakan ruang pada kapasitas penyimpanan internal sobat. Kalau sobat ingin mendengarkan musik kenapa gak coba layanan Spotify. Jadi, sobat tidak perlu menyimpannya di smartphone serta tidak bosan mendengarkan lagu yang itu-itu saja.

Bersihkan Junk dan Cache secara teratur

Bersihkan Junk dan Cache secara teratur | Kuze Android

Junk file dan cache di ibaratkan sebagai sekumpulan file sampah yang menumpuk pada smartphone android sobat. Kedua hal ini cukup membebani kapasitas memori internal. Mungkin sebagian besar dari Kuzer belum menyadari jika membersihkan junk file dan cache dapat melegakan kapasitas ruang penyimpanan pada smartphone android.

Manfaatkan ruang penyimpanan berbasis Cloud

Manfaatkan ruang penyimpanan berbasis Cloud | Kuze Android

Salah satu tips yang wajib sobat lakukan adalah memanfaatkan layanan penyimpanan cloud seperti Google Photos, dropbox dan sebagainya. Biasanya di beberapa vendor smartphone sudah menyisipkan fitur cloud tersebut seperti Asus Webstorage (Asus Zenfone Series), O-Cloud (Oppo Smartphone), Mi-Cloud (Xiaomi), dan lain-lain. Dengan memanfaatkan layanan tersebut, kapasitas memori internal sobat menjadi lebih lega.

Itulah 6 tips yang Kuze Android share pada sobat Kuzer, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.

Load comments