Apa itu Root Android, Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Apa itu Root Android, Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Hallo sobat Kuzer! Pada posting kali ini, Kuze Android akan memberi sedikit pengetahuan tentang Apa itu root? Untuk apa suatu perangkat di root? Apa saja keuntungan dan kerugian apabila suatu perangkat di rooting?

Apa itu Root Android, apa saja kelebihan dan kekurangannya? | Kuze Android

Mengkaji Lebih dalam tentang Root Android

Defenisi Root

Root merupakan proses modifikasi Sistem Operasi Android sehingga pengguna memiliki akses tanpa batas untuk melakukan pengubahan seperti menambah, menghapus bahkan merusak elemen-elemen yang ada di OS Android.

Idealnya kata root mengacu pada SuperUser yang merupakan Administrator dalam sebuah Sistem Operasi berbasis Linux termasuk Android. Akun admin tersebut memiliki akses penuh terhadap sistem dimana pengguna tersebut dapat melakukan apapun layaknya seorang developer.

Aktivitas rooting memang diperbolehkan dikarenakan sistem operasi android yang bersifat open source alias terbuka. Dengan kata lain, setiap orang dapat berkontribusi menjadi developer Android dan melakukan perubahan secara absolut atau mutlak.

Fungsi Root

Smartphone Android sendiri, beberapa file atau sistemnya bersifat locked karna penggunanya tidak memiliki ijin akses pada file-file tersebut. Fungsi root ini adalah untuk meng-unlock file tersebut sehingga sobat Kuzer menjadi administrator dan dapat mengkustomisasi secara bebas seperti memaksimalkan kinerja Android, meng-overcloock prosesor bawaan, serta menghapus bloatware Android yang tidak perlu.

Selain itu, proses rooting juga dapat digunakan untuk meng-install ROM Custom dari pihak ketiga dan juga dapat digunakan untuk mem-back up aplikasi serta system yang ada di Android.

Kelebihan Root

  • Akses tak terbatas sehingga dapat mengkustomisasi android layaknya developer.
  • Dapat menghapus bloatware yang tidak perlu dan menambahkan aplikasi yang tidak disertakan oleh developer android.
  • Dapat mengubah tampilan melalui instalasi ROM Custom dari pihak ketiga atau memutakhirkan ke versi yang lebih tinggi sehingga pengguna dapat membuat versi android secara personal.
  • Kemampuan kustomisasi thema secara full mulai dari warna indikator baterai, tampilan dialer, video yang diputar saat boot up perangkat android.
  • Kontrol penuh CPU dan kernel membuat pengguna dapat meng-overcloocking prosesor sehingga kinerja ponsel android lebih maksimal.

Kekurangan root

  • Menghilangkan atau membatalkan garansi produk dari vendor.
  • Penyalahgunaan hak akses root dapat menyebabkan kerusakan system, Error, Bootloop, Softbrick, dan Hardbrick.
  • Tweaking yang berlebihan dapat menurunkan kinerja Android.
  • Keamanan HP Android menurun dan terancam Mallware.

Faq seputar Root Android

Pertanyaan : perlukah melakukan rooting android?

Jawaban : Tergantung pribadi masing-masing bro, jika anda ingin mengkustomiasasi androidmu silahkan di root androidnya. Kalau sekedar untuk messenger atau browsing doank ya gak usah di root bro.

Pertanyaan : Mengapa vendor tidak memberikan akses root pada perangkat android buatan mereka sejak awal?

Jawaban : karena ditakutkan, user android yang tidak mengerti dengan sistem operasi android secara sengaja atau gak sengaja memodifikasi file system android mereka hingga menyebabkan kerusakan.

Pertanyaan : Kenapa root menghilangkan garansi?

Jawaban : Karena root memberikan akses istimewa kepada user untuk melakukan modifikasi pada system., sehingga kerusakan yang terjadi disebabkan oleh kesalahan Manusia bukan karena kesalahan pembuatan barang.

Pertanyaan : Benarkah setelah diroot perangkat android lebih rentan terkena virus, malware dan spyware?

Jawaban : Hal ini dapat terjadi jika anda menginstall aplikasi diluar Google Play Store, kemungkinan aplikasi tersebut disusupi virus.

Pertanyaan : Apa itu binary counter?

Jawaban : Binary Counter adalah hitungan terhadap pengeditan system. Jika ponsel anda sudah di root, binary counter yang sebelumnya 0 akan berubah menjadi 1. Binary Counter sebagian besar hanya terdapat pada Android buatan Samsung.

Pertanyaan : Bisakah mengembalikan garansi yang hilang karena root?

Jawaban : Bisa! Yaitu dengan me-unroot ponsel anda. Jika binary counter tidak berangka 0, sobat hanya perlu meresetnya terlebih dahulu agar menjadi 0 sehingga garansi dapat kembali.

Rooting pada sistem android memang diizinkan mengingat lisensi dansistem operasi yang sifatnya open source. Namun ada baiknya dipikir-pikir terlebih dahulu sebelum melakukan rooting android terutama perihal garansi dari vendor sobat Kuzer.

Terima kasih telah membaca artikel Apa itu Root, Apa saja Kelebihan dan Kekurangannya.

Load comments